www.ziddu.com

Jumat, 17 September 2010

Dinamika Kelompok Dalam Keperawatan

DINAMIKA KELOMPOK



Pengertian dinamika kelompok
Dinamika kelompok adalah suatu kelompok manusia, dimana anggota-anggotanya berinteraksi satu sama lainnya yang dapat menimbulkan kerjasama yang baik sehingga dapat mencapai tujuan kelompok secara optimal.

Tujuan dinamika kelompok adalah :
1. Untuk lebih membangkitkan diri seseorang anggota kepada anggota lainnya dalam kelompok sehingga saling menghargai, menghormati, toleransi, keterbukaan dan lain-lain.
2. Untuk menimbulkan rasa solidaritas para anggota kelompok sehingga timbul pertisipasi yang sepontan untuk mencapai tujuan bersama

Dinamika kelompok dilaksanakan tidak hanya dalam rangka suatu program pendidikan atau pelatihan, dimana para peserta pendidikan/pelatihan tersebut dipersiapkan agar dalam mengikuti pendidikan/pelatihan sudah timbul kerjasama yang baik diantara para peserta, tetapi dinamika kelompok digunakan juga dalam rangka mengembangkan organisasi, guna menciptakan kerjasama yang baik antar anggota suatu unit dan antar unit-unit organisasi.


DASAR-DASAR HUBUNGAN ANTAR MANUSIA

Setiap kelompok manusia dimana-mana anggota-anggotanya berinteraksi satu sama lain dapa tmenimbulkan kerjasama yang kurang baik. Hal ini disebabkan penonjolan kepentingan perorangan dalam kelompok sangat nyata antara lain karena sifat individualistis dari anggota kelompok.

Kurt Lewin dari Massachusets Institute of Tecnology, menginginkan adanya peleburan dari pada sebagian pendapat-pendapat pribadi untuk menciptakan pendapat kelompok. Peleburan itu hendaknya terjadi dalam suasana penu pengertian diantara anggota kelompoknya. Hal ini tidak berarti bahwa perbedaan, bahkan pertantangan pendapat tidak boleh terjadi, tetapi perbedaan tersebut harus dipercahkan dalam suasana kekeluaargaan.

Metode yang dimuat dalam dinamikan kelompok sangat mengutamakan interaksi atas hubungan antar manusia sesama anggota kelompok. Keakraban hubungan tersebut satu sama lain diharapkan dapat menimbulkan keterbukaan hati, sehingga saling dapat menggunakan perasaan mereka dan menghilangkan jauh-jauh perasaan yang terseubung. Dalam keaadaan demikian diharapkan dapat menerima kritik dengan lapang dada yang berarti saling menunjukan kasalahan/kekurangan sesama teman untuk dapat diperbaiki.


PELAKSANAAN DINAMIKA KELOMPOK

Dinamika kelompok bertujuan untuk mebuat kelompok efektif, oleh karena itu kelompok berbentuk kecil, keseluruhan anggota tidak lebih dari 24 orang, yang selama pelatihan dapat dibagi menjadi 3, 4, ataupun 8 kelompok, cara penyelenggaraan dinamika kelompok bermacam-macam dikategorikan dalam 3 kelompok besar :

1. Bebas tanpa acara (unstructure )
Kelompok didiamkan saja tanpa diberi pengarahan ataupun jadwal. Dengan cara tersebut peserta merasa tidak tahan dan timbul inisiatif untuk mencari topik-topik yang didiskusikan. Sifat ketergantungan anggota kelompok diharapkan dapat dihilangkan. Keburukan cara ini ialah pertikaian antara anggotanya, pengelamturan, dan kejenuhan.
2. Acara diberikan sebelumnya (structure)
Kelompok sudah diberi jadwal selama ber;langsungnya dinamika kelompok tanpa menghiraukan proses yang terjadi dalam setiap mata acara. Kebaikan acara ini adalah adanya kejelasan program sehingga menimbulakan kesan kesiapan pelatihan. Keburuklannya adalah kurangnya inisiatif peserta, karena kesemuanya sudah diatur sebelumnya.
3. Konfirmasi
Pelatihan telah mempersiapkan beberapa kemungkinan jadwal yang penerapannya disesuaikan dengan perkembengan proses interaksi yang terjadi dari waktu kewaktu. Kebiakannya program pelatihan terkendali tanpa mematikan inisiatif peserta. Keburukannya persiapan memakan waktu yang lama dan pelatihannya harus menganalisa perkembangan dari mata acara yang lain serta mencarikan/mempersipakan mata acara berikutnya dalam waktu yang kadang-kadang sangat sempit.


MANFAAT DINAMIKA KELOMPOK

1. Faedah perorangan
Peserta dinamikan kelompok dapat mengenal dan memperoleh gambaran tentang peserta-peserta lainnya serta menarik pelajaran dan pendapat/pengalaman yang diceritakan oleh peserta-peserta lain. Setiap peserta mempunyai persepsi yang berlainan tingkatnnya yang dapat dicari manfaatnya sebagai pelajaran, yang seorang menganggap berguna yang lain menganggap tidak berguna bahkan dapat membahayakan karirnya bia hendak ditarik manfaatnya.
2. Faedah bagi kelompok
Kelompok dapat memperoleh pengalaman setelah berlangsungnya program dinamika kelompok tentang cara-cara pengambilan keputusan, pencapainya konsensus kelompok, prosedur ataupun sistematika kerja dalam kelompok dan mengatasi perselisihan pendapat yang timbul.
3. Faedah bagi organisasi
Mengenal cara-cara lain kerja atau menciptakan kerjasama dalam kelompok dapat dijadikan dasar kerjasama antar unit dalam suatu oraganisasi. Unit-unit organnisasi yang menjalankan proses dinamikan kelompok. Kesatuan bahasa dalam memecahkan masalah, kelancaran berkomunikasi yang timbul antara unit-unit akan memperlancar dan menyempurnakan kerjasama organisasi.


MASALAH-MASALAH DALAM DINAMIKA KELOMPOK
1. Adanya bermacam-macam watak pada anggota kelompok, memerlukan pendekatan yang berbeda-beda seperti :
- Peserta terlalu emosional
- Peserta yang mudah tersinggung
- Peserta kurang dapat menghargai pendapat orang lain
- Peserta memiliki rasa rendh diri
2. Keterbatasan kemampuan pelatih tentang :
- Hubungan antara manusia
- Komunikasi
- Kemasyarakatan
- Kepemimpinan
- Membuat lelucon-lelucon yang segar

RANGKUMAN

Kerjasama yang timbul selama berlangsungnya dinamika kelompok mengandung unsur-unsur toleransi, saling menghargai, keterbukaan. Pengertian yang dalam, sudah terbentuk. Dengan insiatif ini diharapkan jenis dinamika kelompok tersebut akan terus hidup. Kelompok tidak akan menjadi layu melainkan selalu mendapat angina segar dalam melakukan kegiatan.


PENUTUP

Demikian materi dinamika kelompok disajikan agar peserta menjalin kerjasama yang lebbih erat, baik didalam melaksanakan tugas maupun dalam kehidupan sehari-harinya.

Tidak ada komentar: